Tips mengendarai sepeda listrik yang baik dan benar

Untuk kalian penggemar sepeda listrik, topik kali ini kita akan membahas tips-tips tentang gimana si mengendarai sepeda listrik yang baik dan benar biar awet dan tahan lama. Banyak user bertanya mengapa si kita harus mengendarai sepeda listrik dengan baik dan benar? Pada dasarnya sepeda listrik berisi komponen- komponen elektronik. Pasti tau dong kalau alat elektronik sebagus apapun pasti punya kelemahan. Apakah itu?? Itu adalah cara pemakaian. Cara pemakaian yang over dan asal-asalan adalah hal penyebab paling utama dalam kerusakan alat elektronik. Oleh karena itu, sebelum sepeda listrik kalian rusak, sebelum ada masalah apapun tentang sepeda listrik anda marilah kita mencegah dengan cara mengendarai sepeda listrik yang baik dan benar. Mari kita bahas;

  1. Pahami spesifikasi yang ada pada sepeda listrik anda

Apa aja si yang harus dipahami? Jarak tempuh dan kecepatan itu sangat penting itu adalah tolak ukur kita dan untuk menjaga keawetan menggunakan sepeda listrik jangan melebihi spek yang ada misal jarak tempuh 40 Km jangan gunakan sampe full habis lebih baik setelah 35 Km atau sebelum batrai 0% isi ulang batrainya untuk menjaga keawetan batrai itu sendiri. Dan juga untuk sepeda listrik yang menggunakan batrai aki biasanya tidak cocok untuk dikayuh jadi sangat menyusahkan kalau sampai habis di tengah jalan.

  1. Pastikan batrai sudah terisi

Batrai adalah komponen paling penting pada sepeda listrik kalau tidak ada tidak akan bisa digunakan. Untuk pengecasan sendiri akan kah lebih baik mengecai sampai full dan ngecas sebelum batrai habis 0%.

  1. Pastikan Rem berfungsi normal

Rem adalah alat safety saat berkendara, tanpa rem sudah dipastikan untuk berkendara sangat bahaya bisa mengakibatkan kecelakaan.

  1. Hindari hujan yang lebat

Pada dasarnya semua sepeda listrik sudah anti air tetapi hanya sebatas percikan atau gerimis. Untuk hujan yang deras atau lebat ada baiknya anda tidak melewati nya, bukan hanya untuk menjaga keawetan sepeda listrik anda tetapi juga untuk menjaga kesehatan diri anda.

  1. Hindari Tanjakan Tajam

Pada dasarnya semua sepeda listrik dibuat untuk mobilitas di dalam kota-kota. Saran untuk kalian yang punya sepeda listrik dan selalu melalui track tanjakan curam dengan cara menyeimbangkan gowesan dengan electric. Mengapa demikian karena, beban yang terlalu besar sangat berpengaruh pada umur batrai, jadi dengan di bantu kayuhan bisa sedikit meringankan beban saat di gas.

  1. Seimbangkan mode-mode yang ada

Sepeda listrik sekarang sudah memiliki 3 mode (sport, hybrid, dan electric) gunakan ketiganya seimbangkan ketiganya karena 3 mode ini di buat memiliki tujuan masing masing. Mode Sport untuk kalian yang suka olahraga bisa menggunakan mode ini, mode ini sama halnya sepeda konvensional biasa. Mode Hybrid adalah mode untuk kalian yang suka olahraga setengah-setengah karena mode ini gowesan kalian akan di bantu oleh electric sehingga lebih mudah. Mode electric seperti halnya gas yang ada di motor. Dengan 3 mode ini kalau kalian bisa menyeimbangkan tanpa sering menggunakan gas, bukan hanya bisa membuat awet tapi juga bisa menyehatkan.

  1. Akselerasi jangan keseringan dan dadakan.

Beban akan terasa sangat besar saat pertama kita mengakselerasi gas. Dengan beban yang terus menurus berat karena sering akselerasi akan berdampak pada umur aki yang kita miliki. Jadi untuk merawat sepeda listrik jangan akselerasi secara mendadak.

  1. Memulai dengan gowes terlebih dahulu

Untuk mengawali perjalanan akan lebih baik kita menggunakan gowes manual dulu sampai merasa sudah tidak terlalu berat baru menggunakan electric. Disamping akan menjaga umur aki juga bisa menjaga keawetan batrai sehingga bisa lebih lama habisnya.

So, gimana udah paham kan sekarang sobat jadi jangan sembarangan dan asal-asalan lagi untuk mengendarai kendaran listrik kalian. Walaupun perawatan memang tergolong mudah dibandingkan sepeda motor kita tetap harus merawat, karena satu kerusakan komponen bisa berdampak ke komponen-komponen lainnya. Jangan sampai tujuan beli sepeda listrik mau hemat malah boros mau untung malah buntung. So, stay enjoy your life

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *