Hand Throttle atau Pedal Assist pada Sepeda Listrik Mana Yang Lebih Baik?

Sepeda listrik di era sekarang memiliki banyak jenis dengan berbagai cara mengaktifkan bantuan listrik. Beberapa contoh komponen yang sering digunakan di sepeda listrik adalah Hand throttle dan pedal assist. Banyak user yang selalu bertanya dari 2 komponen ini mana yang lebih baik? Tentu saja tidak ada jawaban yang benar karena semua tergantung bagaimana anda akan menggunakannya karena dari segi fungsi berbeda. Nah topik kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan setiap mode untuk membantu anda memilih mana yang lebih baik, mari kita bahas topik ini;

Sensor Pedal Assist

Thumb Throttle

Sistem Pedal Assist dan Hand Throttle merupakan metode untuk mengendalikan kecepatan sepeda listrik. Pedal Assist biasanya bekerja dengan sensor yang dipasang di braket bawah, cara kerjanya sendri pedal assist akan mengikuti irama kayuahan sepeda kita saat dikayuh electric motor akan otomatis membantu sehingga kayuhan sepeda akan lebih ringan. Throttle memiliki fungsi sama halnya motor biasa, saat memutar gas sepeda akan bergerak. Sistem Pedal Assist dan Hand Throttle memiliki beberapa perbedaan. Berbagai jenis Throttle sebagian besar berbeda fisik yang tidak mempengaruhi fungsinya, sementara Pedal Assist memiliki banyak bentuk dan kualitas juga berbeda.

Bagaimana Pedal Assist bekerja?

Jenis yang Pedal Assist yang paling umum terdiri dari cicin magnet yang dipasang pada engkol pedal dan sensor yang dipasang pada braket bawah. Saat dikayuh, sensor membaca kecepatan mengayuh. Semakin cepat pedal, semakin cepat controller akan membuat motor berputar.

Kenapa si orang harus pake pedal assist dari pada pake hand throttle atau sebaliknya?

2 mode ini memiliki keunggulan masing-masing. Keunggulan untuk hand throttle adalah saat kita berangkat kerja kan ga mungkin kita sampai kantor keringatan nah saat itulah kita bisa menggunakan hand throttle. Dengan menggunakan ini kita tidak perlu mengayuh hanya perlu memutar hand throttle. Untuk keunggulan pedal assist sendiri adalah dikhusus kan bagi orang yang cepat cape atau untuk orang tua karena dengan mode ini kita bisa tetap berolahraga.

Catatan: Astrobike adalah Sepeda listrik yang sudah memiliki 3 mode yaitu mode kayuhan, pedal assist dan juga electric dengan menyeimbangkan 3 mode ini kita sudah bisa menikmati berkendara yang aman, nyaman, dan menyehatkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *