TIPS AMPUH MERAWAT SEPEDA LISTRIK

Untuk kalian penggemar sepeda listrik, topik kali ini kita akan membahas tips-tips tentang gimana si caranya merawat sepeda listrik yang baik dan benar biar awet dan tahan lama. Kali ini kita akan menitik beratkan perbedaan sepeda listrik saat ini dari sisi batrai yang digunakan. Batrai sendiri adalah Komponen sepeda listrik yang penting karena tanpa batrai atau batrai dalam keadaan rusak akan mempengaruhi kinerja sepeda listrik dari permasalahan ngadet-ngadet saat jalan sampai mati total. Banyak user yang mengeluh kenapa si sepeda listrik cepat rusak? Bukannya murah malah jadi mahal karena biaya reparasi yang terus menerus. Sebelum itu terjadi lebih baik mencegah dari pada memperbaiki, oleh karena itu mari kita bahas topik ini;

  1. Batasi kecepatan saat menggunakan sepeda listrik yang kalian miliki.

Pemakaian Motor listrik berbeda dengan motor yang menggunakan bensin. Contoh pada brosur atau pada data spesifikasi tertuliskan misal bisa top speed 110km/jam, bagi pengguna motor bensin boleh saja pemakai memacu motor hingga kecepatan maksimal 110km/jam. Yang terjadi mungkin hanya bensin cepat habis, jika bensin habis tinggal isi ulang di pom bensin. Dengan memahami spesifikasi dari produk kita akan tahu batasan-batasan pada produk yang kita miliki. sehingga kita tidak akan terlalu over dalam pemakaian. Seperti contoh spesifikasi jarak tempuh dan kecepatan, akan lebih baik kita membatasi tidak sampai kecepatan penuh karena akan berpengaruh pada kinerja aki.

Jadi mulai sekarang aturlah kondisi akselerasi putaran handle gas dengan bijak. Semakin cepat kita melaju semakin banyak energi yang tersedot, semakin banyak energi maka semakin besar pula batrai yang digunakan, semakin besar batrai yang digunakan maka semakin besar kinerja yang akan dikeluarkan oleh aki. Marilah pikirkan keamanan, kenyamanan dan keawetan penggunaan sepeda listrik kita dari pada kecepatan.

  1. Jangan gunakan sampai habis

Kalian pasti pernah mendengar kalau ngecas harus tunggu batrai 0% dulu baru ngecas sampai full. Itu tidak salah hanya saja itu hanya berlaku pada baterai jenis NiCD yang memiliki memory effect saja. Untuk aki sepeda listrik sendri tidak dianjurkan mengalami kehabisan total, karena akan berdampak pada umur batrai aki itu sendri. Jadi mulai sekarang meski pada brosur spesifikasi jarak tempuh mengatakan bisa menempuh jarak tertentu maka janganlah kita praktekkan untuk sekali jalan, lebih baik sebelum habis total kita cas dulu dan pengecasan jangan sampai over charge untuk memelihara keawetan batrai aki itu sendiri.

  1. Hindari Tanjakan yang terlalu extrem

Kelemahan sepeda listrik berada di tanjakan. Pada dasarkan sepeda listrik dikhususkan untuk daerah jalan yang datar dan daerah perkotaan. tapi bukan tidak mungkin untuk menanjak jika terpaksa lewat bisa menyeimbangkan gowes manual dan jangan terlalu sering meggunakan electric.

  1. Jangan akselerasi mendadak

Beban akan terasa sangat besar saat pertama kita mengakselerasi gas. Dengan beban yang terus menurus berat karena sering akselerasi akan berdampak pada umur aki yang kita miliki. Jadi untuk merawat sepeda listrik jangan akselerasi secara mendadak. Untuk mengawali perjalanan akan lebih baik kita menggunakan gowes manual dulu sampai merasa sudah tidak terlalu berat baru menggunakan electric. Disamping akan menjaga umur aki juga bisa menjaga keawetan batrai sehingga bisa lebih lama habisnya.

  1. Ketika ada kerusakan apapun lebih baik langsung di service

Peralatan elektronik semua komponen saling keterkaitan. Jika salah satu komponen ada yang rusak maka bukan tidak mungkin akan pasti berdampak merusak komponen lainnya. Jadi jika kalian sudah merasa merawat dengan benar tetapi ternyata batrai cepat habis, tarikan atau tenaga kurang kuat dll. Usahakan secepatnya ke tempat service untuk meninjau lebih jauh kerusakan yang telah terjadi.

  1. Saran Pembelian sepeda listrik

Tujuan untuk membeli sepeda listrik adalah untuk olahraga dan menghemat pengeluaran. Oleh karena itu kita harus membeli dengan hati-hati, apa aja si yang harus kita perhatikan:

  1. Pastikan mempunyai spesifikasi yang sudah teruji kecepatan dan jarak tempuh
  2. Menggunakan batrai lithium karena bukan hanya lebih awet dari batrai aki batrai lithium juga ringan.
  3. Pastikan utuk test drive karena kadang kala apa yang kita expetasikan beda dengan realita.
  4. Pastikan Garansi disetiap barang yang kita dapatkan
  5. Pastikan suku cadang yang digunakan mudah untuk dicari jikalau ada kerusakan

     

     

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *